Senin, 10 Juni 2013

Kekuatan dari Simbol I

Simbol berasal dari bahasa Yunani symbolon, kata kerja: symbalein yang berarti tanda pengenal yang menjelaskan dan mengaktualisasikan suatu perjumpaan dan kebersamaan yang didasarkan oleh suatu kewajiban atau perjanjian.

Simbol memiliki makna tersendiri dari sebuah kebudayaan,sosial,agama,dan organisasi.
sesuai kutipan dari anggota freemason bernama  Harold A. Linke, P.M berkata

"Freemasonry adalah Lembaga yang didirikan pada prinsip-prinsip murni
Moralitas dan Kebajikan, mengajarkan Bapa Tuhan dan Persaudaraan
Man. '
Kami menggunakan pengajaran kata kerja dalam definisi ini, tetapi hanya bagaimana adalah bahwa pengajaran dicapai?"

"Jawabannya adalah: Dengan Simbolisme."

Banyak simbol di dunia ini diantaranya :

~Ankh~



Ankh merupakan simbol mesir kuno yang melambangkan kehidupan abadi, kelahiran kembali, kesuburan dan penyatuan lelaki dan perempuan. Kadang-kadang disebut pula sebagai kunci sungai Nil dan kunci kehidupan. Para akademisi Mesir menyebutkan bahwa kepala oval Ankh melambangkan delta sungai Nil, garis vertikalnya melambangkan jalur sungai serta lengan timur dan barat melambangkan dua sisi negara dan penyatuannya. David P. Silverman mencatat bahwa Ankh dipertahankan oleh kaum Koptik sebagai salib Kristen, salib Koptik. Kini Ankh melambangkan planet Venus dan logam tembaga.

~Three God Wicca~
\

Three God Wicca atau sering disebut dengan 3 bulan lipatan, ada beberapa sumber dan versi tentang memaknai simbol ini yang ke-1 simbol ini menunjukkan fase kehidupan perempuan di bumi ini Bulan sabit : Gadis, Bulan penuh: Wanita atau yang sudah dewasa , Bulan sabit : Tua atau Lansia. namun menurut versi ke-2 simbol ini merujuk terhadap 3 orang shaleh di zaman nabi Ibrahim AS yaitu Latta,Uzza,dan Manat yang di jadikan sebuah berhala oleh kaum Jahilliyah pada zaman Rasulullah SAW

~Hand of Fatima~


  Dalam bahasa Arab disebut tangan hamsa dan dalam bahasa Ibrani disebut tangan hamesh. Juga dinamakan Tangan Fatimah oleh kaum Muslim untuk menghormati Fatima Zahra, anak Nabi Muhammad SAW.
Hamsa/Khamsa digunakan sebagai jimat pelindung dari “mata jahat” di Timur Tengah dan Afrika Utara. Terdapat bukti kuat bahwa sebelum dipergunakan oleh kaum Yahudi dan Islam, simbol tersebut telah dipergunakan untuk melambangkan tangan penangkal Mata Jahat dewi kuno Timur Tengah dan pancaran cinta karena mengisyaratkan tangan terbuka anti kekerasan yang mengarah ke bawah. Biasanya di tengah tangan terlukis gambar mata, spiral dan hati. Energi pelindung Hamsa/Khamsa menarik keberuntungan, kebahagiaan, kekayaan dan kesehatan. Kini orang-orang menaruh Hamsa/Khamsa di atas pintu rumahnya, memakainya sebagai kalung atau menggambarnya di barang-barang miliknya sebagai jimat. Simbol ini mengandung Falsafah suci mengenai pesan cinta dan perlindungan yang disebarkan untuk semua makhluk hidup.

Bersambung~