Selasa, 11 Juni 2013

Kekuatan dari Simbol II

~Heksagram~
 










Heksagram merupakan bintang bersudut enam dan hasil penggabungan dua segitiga sama sisi. Simbol ini digunakan dalam konteks agama, sejarah dan budaya oleh Yahudi, Hindu, Okultisme dan Islam.
Bagi kaum Yahudi, Heksagram dikenal sebagai Magen David atau dikenal dalam bahasa sehari-hari sebagai Bintang Yahudi atau “Bintang Daud”.
Magen David menjadi simbol Yudaisme dan identitas Yahudi yang diakui secara umum. Heksagram juga ditemukan dalam diagram kosmologis di agama Hindu, Budha dan Jaina.
Bagi umat Kristiani, Heksagram disebut sebagai bintang penciptaan dan sering ditemukan di berbagai gereja. Sedangkan, umat Muslim mengenal Heksagram dalam kisah nabi Sulaiman. Bahkan, Heksagram banyak ditemukan di mesjid dan artefak-artefak Islam dan arab.

~Ledakan Petir (Lightning Bolt)~




Petir berperan di berbagai mitologis, seringkali digunakan sebagai senjata dewa langit dan dewa badai.
Di dunia kuno, petir menjadi simbol kekuatan karena digunakan oleh para dewa untuk menghukum mereka yang melakukan kesalahan. Di sisi lain, simbol tersebut digunakan pula untuk melambangkan ketersediaan air dan pemberian pupuk kepada bumi dan seluruh makhluknya. Dan simbol ini telah di pakai oleh Lady Gaga di salah satu albumnya.

 ~ Mangkuk Hygieia ~





Hygieia adalah dewi kesehatan Yunani. Patung atau monumen dewi Yunani Higieia sedang memegang patera (mangkuk obat) dengan tubuh dibelit ular yang hendak memakan obat dari mangkuk tersebut melambangkan kehidupan harmonis dengan bumi. Ular melambangkan pasien yang harus memilih memakan obat tersebut atau tidak untuk membantu dirinya. Hal tersebut menunjukkan seseorang mengendalikan kesehatannya dengan mengambil keputusan yang tepat. Ular yang digambarkan memakan dari mangkuk juga dikaitkan dengan kepercayaan kuno bahwa ular memiliki kemampuan dan penyembuhan. Pada masa kini, mangkuk Higieia dijadikan sebagai simbol farmasi dan apotek. Namun menurut beberapa sumber kalau mangkuk ini adalah simbol dari organisasi tertua sebelum freemason, yaitu The Brotherhood Of Snake